Tips Membeli Seni Secara Online

Tips Membeli Seni Secara Online

Pertama, sepatah kata tentang kredensial saya. Selain gelar dalam seni, dan menjadi seniman dalam hak saya sendiri, saya telah mengumpulkan karya seni sejak tahun 1974. Jadi saya memiliki pengalaman lebih dari tiga dekade. Pada tahun-tahun awal, saya akan pergi ke galeri dan rumah lelang. Beberapa bahkan ditahan di kapal pesiar. Tetapi saya tidak memiliki kemewahan menggunakan sumber daya online sampai Internet mulai digunakan secara umum di tahun sembilan puluhan. Sekarang, tempat-tempat seperti EBay telah menjadi bentuk dominan yang menghubungkan pembeli dengan penjual dalam skala global. Untuk pemula, ini mungkin tampak seperti keuntungan karena semua pilihan dan opsi yang tersedia. Tetapi ada banyak rintangan dan jebakan sebagai peluang.

Dengan asumsi bahwa seseorang membeli cetakan seni dari edisi terbatas  agen 777 dengan tanda tangan seniman yang ditandatangani. Itu berlaku untuk sebagian besar kolektor dan karya seni yang berpindah tangan. Jenis cetakan ini jauh lebih umum dan terjangkau. Hanya sedikit dari kita yang mampu membeli lukisan asli Picasso atau bahkan lukisan Leroy Neiman. Oleh karena itu, cetakan telah menjadi media pilihan. Tapi cetakan, yang bisa berupa litograf, etsa, serigraf, atau giclees juga telah melahirkan generasi baru penipuan dan pemalsuan. Hampir semua orang dapat menggunakan pemindai modern untuk membuat ulang cetakan pada kertas berkualitas foto dan menggambar tanda tangan yang mengklaim sebagai asli.

Bagian kedua dari penipuan berasal dari COA atau “sertifikat keaslian” yang biasanya menyertai cetakan ini. Dokumen tersebut memverifikasi karya seni, artis, nomor edisi, media, dan deskriptor lainnya mengenai dari mana cetakan itu berasal. Masalahnya sama dengan tanda tangan palsu. Siapa pun dapat mengatakan bahwa cetakan itu asli dan merancang COA pada program kata atau gambar komputer yang terlihat cukup resmi. Mereka dapat menggunakan kata-kata seperti “didokumentasikan, resmi, bersertifikat, diverifikasi, dan diautentikasi,” semua yang mereka inginkan. Tapi ini tidak membuktikan apa-apa.

Tentu, Anda melihat seni dalam gambar online. Mereka memberitahu Anda itu adalah Dali. Sepertinya banyak yang lain, tetapi jauh lebih murah. Mereka memberitahu Anda bahwa mereka membeli langsung untuk memotong perantara, seperti banyak pedagang grosir. Mereka akan memberikan COA untuk membuktikan tanda tangan itu nyata. Anda mengirim lebih dari $500 melalui PayPal dan mereka mengirimkan cetakannya. Itu tiba dan Anda senang. Dali adalah sepersepuluh dari harga orang lain. Tanda tangan tampak hebat. Anda membingkainya dan meletakkannya di dinding. Anda kemungkinan besar tidak akan pernah tahu bahwa itu adalah reproduksi dengan tanda tangan palsu dan tidak pernah diautentikasi. Semua teman dan keluarga Anda mengagumi cetakan itu dan menganggap itu nyata, seperti halnya Anda. Jadi, apa itu benar-benar penting?

Tergantung. Jika Anda tidak pernah berencana untuk menjualnya, itu tidak akan terjadi. Anda bisa menghargai potongan di dinding dan dengan senang hati mengabaikan kepalsuan yang dilakukan pada Anda. Anda telah menghemat sedikit uang dan mungkin, diam-diam, bahkan tidak ingin tahu tentang taktik itu. Tapi bagaimana jika Anda memang harus menjualnya? Maka kebenaran akan menyakitkan. Ini menjadi norma untuk cetakan murah oleh Dali, Miro, Picasso, Neiman, Chagall, dan banyak lainnya. Tapi ada sesuatu yang bisa Anda lakukan.

Jika Anda menginginkan artikel asli, kerjakan pekerjaan rumah Anda dan hubungi atau lihat ke penerbit yang merilis cetakan atau galeri terkemuka yang memiliki lokasi fisik dengan karya seni di dinding. Teliti rumah seni dan senimannya. Berharap untuk membayar mahal untuk artis papan atas. Banyak dari tanda tangan mereka saja yang bernilai sedikit uang. Pahami bahwa cetakan yang ditandatangani saya hanya berarti tanda tangan ada di cetakan dan tidak ditandatangani oleh artis setelah dibuat. Ini sering disebut “bertanda tangan”. Adapun dealer lelang eBay, periksa umpan balik mereka dan baca komentar pembeli mereka. Periksa kebijakan pengembalian mereka, yang juga berlaku untuk semua penjual Internet. Kemudian belilah apa yang Anda suka dan jangan membeli secara ketat untuk tujuan investasi. Tidak ada yang bisa menjamin nilai masa depan dari setiap bagian, terlepas dari apa yang mereka klaim.

Akhirnya, jika anggaran Anda terbatas dan Anda benar-benar menginginkan barang tertentu untuk kesenangan pribadi, belilah tiruannya. Ini seperti tas tangan Coach seharga $300 yang Anda lihat di Meksiko seharga dua puluh dolar. Siapa yang dirugikan jika Anda melakukan pembelian itu? Meskipun membantu menyebarkan mereka yang memproduksi palsu, jangan tersinggung. Akan selalu ada perusahaan yang membuat palsu dan melayani massa yang tidak mampu membeli yang asli. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa mereka beroperasi seperti seni itu nyata. Saran saya kepada bisnis-bisnis itu adalah berterus terang, memberi tahu publik bahwa mereka tiruan, dan selesai. Saya berani bertaruh bahwa sangat sedikit yang akan berhenti membelinya, tapi setidaknya kita bisa memisahkan dealer yang sah dari penipuan. Dan itu pada akhirnya akan membantu semua pembeli dan penjual sehingga mereka tahu persis di mana mereka berdiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published.