An Insight Into What Is Data Analytics?

An Insight Into What Is Data Analytics?

Apa itu Analisis Data? Definisi analitik yang paling sederhana adalah “ilmu analisis”. Namun, definisi praktisnya adalah bagaimana suatu entitas, misalnya, bisnis, sampai pada keputusan yang optimal atau realistis berdasarkan data yang ada. Manajer bisnis dapat memilih untuk membuat keputusan berdasarkan pengalaman masa lalu atau aturan praktis, atau mungkin ada aspek kualitatif lain untuk pengambilan keputusan, tetapi kecuali data dipertimbangkan, itu tidak akan menjadi proses pengambilan keputusan analitis.

Analisis telah digunakan dalam bisnis sejak latihan manajemen waktu yang diprakarsai oleh Frederick Winslow Taylor pada akhir abad ke-19. Henry Ford mengukur kecepatan jalur perakitan, Agen bola sehingga merevolusi manufaktur. Tetapi analitik mulai mendapat lebih banyak perhatian pada akhir 1960-an ketika komputer digunakan dalam sistem pendukung keputusan. Sejak itu, analitik telah berevolusi dengan pengembangan sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), gudang data, dan berbagai macam alat dan aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak lainnya.

Saat ini, bisnis dari semua ukuran menggunakan analitik. Misalnya, jika Anda bertanya kepada penjual buah saya mengapa dia berhenti melayani jalan kami, dia akan memberi tahu Anda bahwa kami mencoba banyak menawar dan karenanya dia kehilangan uang, tetapi di jalan di sebelah saya dia memiliki beberapa pelanggan hebat yang untuknya dia memberikan layanan yang sangat baik . Ini adalah inti dari analitik. Penjual buah kami TESTED melayani jalan saya dan menyadari bahwa dia kehilangan uang – dalam waktu satu bulan dia berhenti melayani kami, dan bahkan jika kami memintanya, dia tidak akan muncul. Berapa banyak bisnis saat ini yang tahu siapa PELANGGAN TERBANYAK MENGUNTUNGKAN? Apakah mereka tahu siapa pelanggan mereka yang PALING MENGHASILKAN BIAYA? Dan mengingat pengetahuan tentang pelanggan yang paling menguntungkan, bagaimana Anda harus menargetkan upaya Anda untuk MENCAPAI pelanggan yang PALING MENGUNTUNGKAN?

Bisnis besar menggunakan analitik untuk mendorong seluruh strategi organisasi. Beberapa contoh termasuk:
• Capital One, sebuah perusahaan kartu kredit di AS, menggunakan analitik untuk membedakan pelanggan berdasarkan risiko kredit dan mereka mencocokkan karakteristik pelanggan dengan penawaran produk yang sesuai.
• Harrah’s Casino, perusahaan AS lainnya, mengidentifikasi bahwa bertentangan dengan kepercayaan populer, pelanggan mereka yang paling menguntungkan adalah yang bermain slot. Untuk memanfaatkan wawasan ini, mereka telah membuat program pemasaran untuk menarik dan mempertahankan PELANGGAN YANG PALING MENGUNTUNGKAN.
• Netflicks, layanan film online, mengidentifikasi film paling logis untuk direkomendasikan berdasarkan perilaku sebelumnya. Model ini telah meningkatkan penjualan mereka karena pilihan film didasarkan pada preferensi pelanggan dan oleh karena itu pengalamannya disesuaikan untuk setiap individu.

Aplikasi umum analitik mencakup studi data bisnis menggunakan analisis statistik untuk menemukan dan memahami pola historis dengan tujuan untuk memprediksi dan meningkatkan kinerja bisnis di masa depan. Juga, beberapa orang menggunakan istilah tersebut untuk menunjukkan penggunaan matematika dalam bisnis. Yang lain berpendapat bahwa bidang analitik mencakup penggunaan riset operasi, statistik, dan probabilitas; namun akan keliru jika membatasi bidang analitik hanya pada statistik dan matematika.

Meskipun konsepnya sederhana dan idenya intuitif, pengaruh umum analitik untuk mendorong bisnis masih dalam tahap awal. Tetap terhubung untuk mengetahui lebih banyak tentang Ilmu Analytics di bagian kedua artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.